G
N
I
D
A
O
L

Writing an Expository Text

Jurnal Mengajar Harian

Hari/Tanggal : Rabu, 24 September 2025
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : XII-B
Jumlah Siswa Hadir : Seluruh siswa hadir
Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu menghasilkan Argumentative Text dengan gagasan sendiri pada tema E-Money (Uang Elektronik).

Kegiatan Pembelajaran :

Siswa melakukan pembelajaran Writing (Argumentative Text) dengan langkah langkah penulisan sebagai berikut:

  1. Step 1 – Brainstorming

    • Siswa menuliskan ide awal:

      • Advantages of E-Money

      • Disadvantages of Cash

  2. Step 2 – Outline

    • Menyusun kerangka teks:

      • Introduction

      • Argument 1

      • Argument 2

      • Conclusion

  3. Step 3 – Writing

    • Siswa menulis teks argumentatif dengan panjang 120–150 kata sesuai outline.

Respons/Partisipasi Siswa :

  • Siswa mengikuti kegiatan dengan antusias.

  • Beberapa siswa mengalami kesulitan memahami, namun dengan pendekatan yang baik, mereka mampu mengikuti pembelajaran hingga selesai.

Refleksi Guru :
Untuk pertemuan selanjutnya, perlu diberikan lebih banyak contoh teks argumentatif agar pemahaman literasi siswa semakin kuat dan mereka lebih percaya diri dalam menulis.

Tindak Lanjut :
Memberikan penugasan berupa tugas literasi menulis Argumentative Text, yang harus diselesaikan dan dikumpulkan pada kegiatan tatap muka minggu depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *