Jurnal Mengajar Harian
Hari/Tanggal | : Rabu, 24 September 2025 |
Mata Pelajaran | : Bahasa Inggris |
Kelas | : XII-B |
Jumlah Siswa Hadir | : Seluruh siswa hadir |
Tujuan Pembelajaran | : Siswa mampu menghasilkan Argumentative Text dengan gagasan sendiri pada tema E-Money (Uang Elektronik). |
Kegiatan Pembelajaran :
Siswa melakukan pembelajaran Writing (Argumentative Text) dengan langkah langkah penulisan sebagai berikut:
-
Step 1 – Brainstorming
-
Siswa menuliskan ide awal:
-
Advantages of E-Money
-
Disadvantages of Cash
-
-
-
Step 2 – Outline
-
Menyusun kerangka teks:
-
Introduction
-
Argument 1
-
Argument 2
-
Conclusion
-
-
-
Step 3 – Writing
-
Siswa menulis teks argumentatif dengan panjang 120–150 kata sesuai outline.
-
Respons/Partisipasi Siswa :
-
Siswa mengikuti kegiatan dengan antusias.
-
Beberapa siswa mengalami kesulitan memahami, namun dengan pendekatan yang baik, mereka mampu mengikuti pembelajaran hingga selesai.
Refleksi Guru :
Untuk pertemuan selanjutnya, perlu diberikan lebih banyak contoh teks argumentatif agar pemahaman literasi siswa semakin kuat dan mereka lebih percaya diri dalam menulis.
Tindak Lanjut :
Memberikan penugasan berupa tugas literasi menulis Argumentative Text, yang harus diselesaikan dan dikumpulkan pada kegiatan tatap muka minggu depan.