G
N
I
D
A
O
L

Pembelajaran Kimia dengan Setor Hafalan Sistem Periodik

JURNAL MENGAJAR HARIAN GURU
Hari, Tanggal: Jum’at, 15 Agustus 2025
Mata Pelajaran: Kimia
Kelas: X A

1. Siswa yang Tidak Hadir:

  • Tidak ada (seluruh siswa hadir)

2. Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian reaksi kimia dan ciri-ciri yang menyertainya (perubahan warna, pembentukan endapan/gas, perubahan suhu) dengan tepat setelah melakukan observasi demonstrasi.

3. Kegiatan Pembelajaran:
Siswa melakukan setor hafalan sistem periodik unsur sebagai bagian dari pembentukan dasar pengetahuan kimia.

4. Respons/Partisipasi Siswa:
Siswa sangat antusias, tertantang, dan berebut kesempatan untuk menyetor hafalan sistem periodik. Suasana kelas menjadi aktif dan kompetitif secara positif.

5. Refleksi Pembelajaran Guru:
Siswa yang telah menyelesaikan setor hafalan dapat langsung mengerjakan latihan soal, sehingga waktu belajar lebih efektif dan terarah.

6. Tindak Lanjut:
Akan disusun metode setor hafalan yang lebih kreatif dan variatif agar dapat mempertahankan semangat belajar siswa dan memfasilitasi berbagai gaya belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *