JURNAL MENGAJAR HARIAN GURU
-
Hari, Tanggal: Senin, 22 September 2025
-
Mata Pelajaran: Kimia
-
Kelas: XII Paket A
-
Siswa yang Tidak Hadir: Bagas (sakit)
Tujuan Pembelajaran
-
Siswa dapat memahami dan menjelaskan konsep kesetimbangan kimia.
-
Siswa dapat menerapkan prinsip Le Chatelier dalam menyelesaikan permasalahan terkait reaksi kesetimbangan.
Kegiatan Pembelajaran
Pembelajaran dimulai dengan apersepsi melalui review materi sebelumnya, dilanjutkan dengan penjelasan konsep kesetimbangan kimia. Setelah itu, siswa mengerjakan soal latihan dan mendiskusikan jawabannya dalam kelompok kecil.
Respons/Partisipasi Siswa
Siswa aktif dalam berdiskusi dan bertanya saat penjelasan materi. Sebagian besar siswa menunjukkan pemahaman yang baik terhadap materi kesetimbangan kimia.
Refleksi Pembelajaran Guru
Perlu peningkatan variasi metode pembelajaran agar siswa tidak hanya memahami konsep, tetapi juga dapat menerapkannya dalam soal kontekstual.
Tindak Lanjut
Pada pertemuan berikutnya, akan diberikan latihan soal yang lebih bervariasi, termasuk soal HOTS (Higher Order Thinking Skills), serta simulasi interaktif untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan.
Jika Anda ingin versi dokumen Word atau PDF-nya, saya bisa bantu juga. Cukup beri tahu format yang Anda butuhkan.
You said:
ChatGPT said:
Berikut adalah jurnal mengajar harian guru berdasarkan data yang Anda berikan, dengan memasukkan kegiatan paduan suara sebagai bagian dari pembelajaran atau interupsi kegiatan belajar.
JURNAL MENGAJAR HARIAN GURU
-
Hari, Tanggal: Senin, 22 September 2025
-
Mata Pelajaran: Kimia
-
Kelas: XII Paket A
-
Siswa yang Tidak Hadir: Bagas (sakit)
Tujuan Pembelajaran
-
Siswa dapat memahami konsep dasar reaksi redoks.
-
Siswa dapat mengidentifikasi reaksi oksidasi dan reduksi dalam suatu persamaan reaksi kimia.
Kegiatan Pembelajaran
-
Pembelajaran dimulai dengan apersepsi mengenai perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
-
Guru menjelaskan konsep reaksi redoks, termasuk definisi oksidasi, reduksi, oksidator, dan reduktor.
-
Siswa diminta mengerjakan latihan soal identifikasi reaksi redoks.
-
Sekitar pukul [isi waktu sesuai kenyataan], kegiatan pembelajaran dihentikan sementara untuk mengikuti kegiatan paduan suara menyanyikan lagu “Mars Jawa Timur” secara bersama-sama sebagai bagian dari program penguatan karakter dan cinta daerah.
-
Setelah kegiatan paduan suara, pembelajaran dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan rangkuman materi.
Respons/Partisipasi Siswa
Siswa cukup antusias mengikuti pembelajaran dan kegiatan paduan suara. Meskipun sempat teralihkan oleh kegiatan luar kelas, mereka mampu kembali fokus ke materi dengan baik.
Refleksi Pembelajaran Guru
Kegiatan tambahan seperti paduan suara perlu disesuaikan dengan waktu pembelajaran agar tidak mengganggu alur materi. Namun, kegiatan tersebut juga bermanfaat untuk membangun semangat dan kebersamaan siswa.
Tindak Lanjut
Materi reaksi redoks akan diperkuat kembali di pertemuan selanjutnya melalui praktikum sederhana agar siswa lebih memahami penerapan konsep dalam kehidupan nyata.