Jurnal Mengajar Harian
Hari/Tanggal: Kamis, 11 September 2025
Mata Pelajaran:Matematika (Eksponen dan Pangkat)
Kelas:X A
Siswa Tidak Hadir:
1. Abdul Mujib (i)
2. Alfian Priyanto (i)
3. Zainal Arifin (i)
4. Sholeh (s)
Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat memahami konsep eksponen dan pangkat, serta mampu mengaplikasikannya dalam menyelesaikan masalah matematika.
Kegiatan Pembelajaran:
1. Pembukaan: Mengulas kembali konsep dasar bilangan berpangkat dan eksponen.
2. Penyampaian Materi: Menjelaskan sifat-sifat eksponen dan pangkat, termasuk aturan-aturan seperti $a^m \cdot a^n = a^{m+n}$ dan $(a^m)^n = a^{m \cdot n}$.
3. Contoh Soal: Memberikan contoh soal untuk dipecahkan bersama-sama, seperti menyederhanakan ekspresi $2^3 \cdot 2^4$ dan $(3^2)^3$.
4. Latihan:Siswa mengerjakan latihan soal tentang eksponen dan pangkat.
Respons/Partisipasi Siswa:
Siswa terlihat antusias dan beberapa di antaranya aktif bertanya tentang aplikasi eksponen dalam kehidupan sehari-hari.
Refleksi Pembelajaran:
Pembelajaran berjalan lancar, namun perlu lebih banyak contoh aplikasi nyata untuk meningkatkan pemahaman siswa.
Tindak Lanjut:
Untuk pertemuan berikutnya, saya akan menyiapkan contoh aplikasi eksponen dalam konteks nyata seperti pertumbuhan populasi atau ilmu pengetahuan, untuk membantu siswa memahami relevansi materi ini. Juga akan memberikan kuis singkat untuk menilai pemahaman siswa.
- Penjelasan Konsep
Eksponen dan pangkat adalah konsep fundamental dalam matematika, digunakan dalam berbagai bidang seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, dan teknologi.
– EksponenSTD BAB 1 EKSPONEN DAN LOGARITMA: $a^b$ berarti $a$ dikalikan dengan dirinya sendiri sebanyak $b$ kali.
– *Sifat-sifat*:
– $a^m \cdot a^n = a^{m+n}$
– $(a^m)^n = a^{m \cdot n}$
– $a^0 = 1$ untuk $a \neq 0$
$$\boxed{a^m \cdot a^n = a^{m+n}}$$