JURNAL MENGAJAR HARIAN GURU
Hari, Tanggal: Jum’at, 15 Agustus 2025
Mata Pelajaran: Kimia
Kelas: X A
1. Siswa yang Tidak Hadir:
-
Tidak ada (seluruh siswa hadir)
2. Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian reaksi kimia dan ciri-ciri yang menyertainya (perubahan warna, pembentukan endapan/gas, perubahan suhu) dengan tepat setelah melakukan observasi demonstrasi.
3. Kegiatan Pembelajaran:
Siswa melakukan setor hafalan sistem periodik unsur sebagai bagian dari pembentukan dasar pengetahuan kimia.
4. Respons/Partisipasi Siswa:
Siswa sangat antusias, tertantang, dan berebut kesempatan untuk menyetor hafalan sistem periodik. Suasana kelas menjadi aktif dan kompetitif secara positif.
5. Refleksi Pembelajaran Guru:
Siswa yang telah menyelesaikan setor hafalan dapat langsung mengerjakan latihan soal, sehingga waktu belajar lebih efektif dan terarah.
6. Tindak Lanjut:
Akan disusun metode setor hafalan yang lebih kreatif dan variatif agar dapat mempertahankan semangat belajar siswa dan memfasilitasi berbagai gaya belajar.