Eksplorasi Dunia Informatika
Analisis Keutuhan Halaman Utama Program
📘 JURNAL PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran: Informatika
Guru Mapel : Muhammad Nadir
Materi: Algoritmik dan Pemrograman – Analisis Keutuhan Program
Kelas/Semester: XI / Ganjil
Alokasi Waktu: 2 × 45 menit
1. Identitas Pembelajaran
- Kompetensi Dasar (KD):
- 3.6 Menganalisis algoritmik dalam pemecahan masalah.
- 4.6 Membuat dan mengevaluasi program sederhana.
- Tujuan Pembelajaran:
- Mengidentifikasi komponen tampilan program.
- Menganalisis keutuhan halaman utama.
- Menemukan kekurangan desain.
- Memberikan saran perbaikan.
2. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
Guru tanyakan: “Apa yang terlihat saat buka aplikasi?” Sampaikan tujuan.
Kegiatan Inti (65 menit)
- Eksplorasi (15 menit)
Guru tunjukkan gambar halaman utama (misal absensi). Siswa amati: Menu lengkap? Tombol jelas? Kekurangan?
- Kolaborasi (25 menit)
Siswa kelompok, dapat gambar berbeda (perpustakaan, absensi). Tugas: Identifikasi input/output, keutuhan, saran.
- Implementasi (25 menit)
-
Kelompok membuat sketsa perbaikan halaman utama program di kertas atau aplikasi desain sederhana (Paint, PowerPoint, Canva, Figma).
-
Hasil sketsa dipresentasikan kepada kelas.
-
Penutup (10 menit)
Refleksi: Apa itu keutuhan? Mengapa penting? Guru beri penghargaan, tugas: Gambar “Absensi Siswa” dan analisis.
3. Penilaian
- Pengetahuan: Tes singkat komponen halaman.
- Keterampilan: Analisis dan desain ulang.
- Sikap: Kreativitas, kerja sama.
4. Refleksi Guru
Kegiatan: ( ✔ ) Lancar ( ) Cukup ( ) Perlu Perbaikan
Catatan: …………………………………………
Rencana: …………………………………………
Contoh Halaman Utama Program
Aplikasi Absensi Siswa
DIGIPUS