G
N
I
D
A
O
L

Jurnal Informatika ” Algoritmik dan Pemrograman “

 

Eksplorasi Dunia Informatika

Analisis Keutuhan Halaman Utama Program

📘 JURNAL PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran: Informatika

Guru Mapel : Muhammad Nadir

Materi: Algoritmik dan Pemrograman – Analisis Keutuhan Program

Kelas/Semester: XI / Ganjil

Alokasi Waktu: 2 × 45 menit

1. Identitas Pembelajaran

  • Kompetensi Dasar (KD):
    • 3.6 Menganalisis algoritmik dalam pemecahan masalah.
    • 4.6 Membuat dan mengevaluasi program sederhana.
  • Tujuan Pembelajaran:
    • Mengidentifikasi komponen tampilan program.
    • Menganalisis keutuhan halaman utama.
    • Menemukan kekurangan desain.
    • Memberikan saran perbaikan.

2. Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan (10 menit)

Guru tanyakan: “Apa yang terlihat saat buka aplikasi?” Sampaikan tujuan.

Kegiatan Inti (65 menit)

  1. Eksplorasi (15 menit)

    Guru tunjukkan gambar halaman utama (misal absensi). Siswa amati: Menu lengkap? Tombol jelas? Kekurangan?

  2. Kolaborasi (25 menit)

    Siswa kelompok, dapat gambar berbeda (perpustakaan, absensi). Tugas: Identifikasi input/output, keutuhan, saran.

  3. Implementasi (25 menit)
    • Kelompok membuat sketsa perbaikan halaman utama program di kertas atau aplikasi desain sederhana (Paint, PowerPoint, Canva, Figma).

    • Hasil sketsa dipresentasikan kepada kelas.

Penutup (10 menit)

Refleksi: Apa itu keutuhan? Mengapa penting? Guru beri penghargaan, tugas: Gambar “Absensi Siswa” dan analisis.

3. Penilaian

  • Pengetahuan: Tes singkat komponen halaman.
  • Keterampilan: Analisis dan desain ulang.
  • Sikap: Kreativitas, kerja sama.

4. Refleksi Guru

Kegiatan: ( ✔ ) Lancar ( ) Cukup ( ) Perlu Perbaikan
Catatan: …………………………………………
Rencana: …………………………………………

Contoh Halaman Utama Program

Aplikasi Absensi Siswa




Status: Belum Terisi

DIGIPUS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *