Jurnal Mengajar Harian
Hari, Tanggal: Senin, 11 Agustus 2025
Mata Pelajaran: Biologi
Kelas: XI Paket A
Jam ke-2 sampai 4
Jumlah Siswa Tidak Hadir:
- Davit (sakit)
- Dimas (sakit)
- M. Saifuddin (ijin)
Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai jenis organel sel eukariotik (misalnya, mitokondria, kloroplas, retikulum endoplasma, ribosom, badan Golgi, lisosom, vakuola) melalui pengamatan gambar dan model 3D.
Kegiatan Pembelajaran:
- Diskusi kelompok mengenai fungsi dan struktur organel sel eukariotik.
- Presentasi hasil diskusi oleh masing-masing kelompok.
- Pengerjaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) secara berkelompok.
Respons atau Partisipasi Siswa:
Siswa menunjukkan antusiasme tinggi dan motivasi yang baik dalam mengerjakan LKPD serta aktif dalam diskusi kelompok.
Refleksi Pembelajaran Guru:
Saya perlu lebih memastikan bahwa seluruh siswa mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi aktif, baik dalam diskusi maupun saat presentasi.
Tindak Lanjut:
Pada pertemuan selanjutnya, saya akan lebih memperhatikan dan mendorong keterlibatan semua siswa dalam proses presentasi serta memberikan peran yang seimbang dalam diskusi kelompok. lkpd sel (2)