G
N
I
D
A
O
L

Pertemuan 2: Menjelajahi Organel Sel dan Fungsinya

Jurnal Mengajar Harian

Hari, Tanggal: Senin, 11 Agustus 2025
Mata Pelajaran: Biologi
Kelas: XI Paket A

Jam ke-2 sampai 4

Jumlah Siswa Tidak Hadir:

  • Davit (sakit)
  • Dimas (sakit)
  • M. Saifuddin (ijin)

Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai jenis organel sel eukariotik (misalnya, mitokondria, kloroplas, retikulum endoplasma, ribosom, badan Golgi, lisosom, vakuola) melalui pengamatan gambar dan model 3D.

Kegiatan Pembelajaran:

  • Diskusi kelompok mengenai fungsi dan struktur organel sel eukariotik.
  • Presentasi hasil diskusi oleh masing-masing kelompok.
  • Pengerjaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) secara berkelompok.

Respons atau Partisipasi Siswa:
Siswa menunjukkan antusiasme tinggi dan motivasi yang baik dalam mengerjakan LKPD serta aktif dalam diskusi kelompok.

Refleksi Pembelajaran Guru:
Saya perlu lebih memastikan bahwa seluruh siswa mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi aktif, baik dalam diskusi maupun saat presentasi.

Tindak Lanjut:
Pada pertemuan selanjutnya, saya akan lebih memperhatikan dan mendorong keterlibatan semua siswa dalam proses presentasi serta memberikan peran yang seimbang dalam diskusi kelompok. lkpd sel (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *