JURNAL MENGAJAR HARIAN
Hari, Tanggal | Senin, 05 Agustus 2025 |
Mata Pelajaran | Bahasa Inggris |
Kelas | XII-A |
Jumlah Siswa Tidak Hadir | 7 orang (karena mengikuti latihan gerak jalan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-80) |
Tujuan Pembelajaran | Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur umum (generic structure) dan unsur kebahasaan (linguistic features) dalam teks naratif, terutama penggunaan past tenses dan action verbs. |
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
- Mengidentifikasi Informasi Teks Naratif
- Pembelajaran dimulai dengan apersepsi mengenai cerita-cerita masa lalu yang pernah dikenal peserta didik. Guru menampilkan contoh teks naratif dan membimbing peserta didik untuk mengenali struktur umum (orientation, complication,evaluation,resolution,coda) serta unsur kebahasaan seperti past tense dan action verbs.
- Peserta didik kemudian diberi waktu untuk membaca teks naratif lain secara berkelompok dan mendiskusikan struktur serta ciri kebahasaan yang ditemukan.
- Membuat Teks Naratif dengan Tema “Friendly Future”
- Setelah memahami teori dan contoh, peserta didik ditugaskan untuk menyusun teks naratif mereka sendiri dengan tema teknologi masa depan yang ramah lingkungan.
- Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok terdiri dari 3-4 orang, dengan penekanan pada penggunaan past tense dan action verbs.
Respons atau Partisipasi Siswa
Peserta didik menunjukkan antusiasme tinggi dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini terlihat karena pelajaran berlangsung pada jam pertama, saat kondisi fisik dan mental peserta didik masih segar. Mereka aktif berdiskusi dalam kelompok, mengajukan pertanyaan, dan tertarik mengembangkan imajinasi mereka dalam membuat cerita tentang masa depan.
Refleksi Pembelajaran
Saya menyadari bahwa meskipun kegiatan berlangsung lancar, pembelajaran akan lebih menarik jika menggunakan variasi metode seperti permainan bahasa, media interaktif digital, atau pemanfaatan video pendek sebagai stimulus pembelajaran.
Tindak Lanjut
Saya akan berdiskusi dan berkolaborasi dengan teman sejawat untuk merancang metode dan media pembelajaran yang lebih bervariasi guna meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar peserta didik.