Jurnal Mengajar Harian
Hari/Tanggal: Selasa, 12 Agustus 2025
Mata Pelajaran: Matematika
Kelas: XI Paket A
Siswa Tidak Hadir:
Moh Fathur Rohman (a)
Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat memodelkan pinjaman dan investasi dengan bunga tunggal, bunga majemuk, dan anuitas dengan baik dan benar.
Kegiatan Pembelajaran:
1. Memberikan pertanyaan lisan singkat tentang sistem bunga bank tunggal, bunga bank majemuk, dan anuitas untuk memastikan pemahaman awal siswa.
2. Siswa mengerjakan LKPD tentang sistem bunga bank tunggal, majemuk, dan anuitas.
Respons/Partisipasi Siswa:
Beberapa siswa cukup memahami dan bisa menyelesaikan contoh-contoh soal yang diberikan. Mereka menunjukkan kemampuan dalam menerapkan konsep bunga tunggal, bunga majemuk, dan anuitas dalam berbagai situasi.
Refleksi Pembelajaran:
Pembelajaran hari ini menunjukkan bahwa siswa masih membutuhkan penjelasan lebih lengkap mengenai konsep bunga tunggal, bunga majemuk, dan anuitas. Meskipun beberapa siswa dapat memahami dan mengerjakan soal dengan baik, masih ada kebutuhan untuk memperkuat pemahaman konsep secara menyeluruh.
Tindak Lanjut:


Untuk pertemuan berikutnya, saya akan menyiapkan materi yang lebih relevan dan detail untuk membantu siswa memahami konsep bunga tunggal, bunga majemuk, dan anuitas dengan lebih baik. Ini termasuk contoh soal yang lebih variatif dan penjelasan yang lebih mendalam. Saya juga akan mempertimbangkan untuk menggunakan metode pembelajaran yang lebih interaktif untukmeningkatkan pemahaman siswa.