JURNAL PEMBELAJARAN
Hari/Tanggal : Selasa, 12 Agustus 2025
Sekolah : SMA Negeri 1 Bantaran
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Fase : XI / Fase F
Materi Pokok :
-
Telaah Q.S. ar-Rahmān/55:33 tentang Mencintai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek)
-
Telaah Hadis dan Penjelasan Lain tentang Berpikir Kritis
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
-
Membaca dan memahami isi Q.S. ar-Rahmān/55:33 dengan tartil.
-
Menjelaskan makna ayat dan kaitannya dengan kewajiban menuntut ilmu serta menguasai iptek.
-
Membaca dan memahami hadis tentang berpikir kritis serta mampu mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari.
-
Menunjukkan sikap kritis, kreatif, dan cinta ilmu pengetahuan.
B. Materi Pembelajaran
1. Q.S. ar-Rahmān/55:33
يَا مَعْشَرَ ٱلْجِنِّ وَٱلْإِنسِ إِنِ ٱسْتَطَعْتُمْ أَن تَنفُذُوا۟ مِنْ أَقْطَارِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ فَٱنفُذُوا۟ ۚ لَا تَنفُذُونَ إِلَّا بِسُلْطَٰنٍۭ
“Wahai golongan jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah; kamu tidak akan dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan (ilmu pengetahuan).” (Q.S. ar-Rahmān [55]: 33)
Makna Ayat:
-
Allah mendorong manusia untuk menguasai ilmu pengetahuan agar dapat menembus batas-batas ciptaan-Nya.
-
Menuntut ilmu dan memanfaatkan teknologi adalah bagian dari ibadah jika digunakan untuk kebaikan.
2. Hadis tentang Berpikir Kritis
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah ﷺ bersabda:
« كَفَى بِالْمَرْءِ كَذِبًا أَنْ يُحَدِّثَ بِكُلِّ مَا سَمِعَ »
“Cukuplah seseorang dianggap berdusta jika ia menceritakan semua yang ia dengar.” (HR. Muslim)
Makna Hadis:
-
Islam mengajarkan umatnya untuk memverifikasi informasi sebelum menyebarkannya.
-
Berpikir kritis berarti menganalisis, menilai kebenaran, dan tidak tergesa-gesa mengambil kesimpulan.
C. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
-
Guru memberi salam, memimpin doa, dan melakukan presensi.
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Apersepsi: Tanya jawab singkat tentang perkembangan teknologi dan bahayanya jika disalahgunakan.
Kegiatan Inti (70 menit) (Metode: Diskusi Kelompok & Deep Learning)
-
Telaah Q.S. ar-Rahmān/55:33
-
Peserta didik membaca ayat secara bergantian.
-
Diskusi makna kata kunci: tanfuḏū, sulṭān.
-
Mengaitkan ayat dengan perkembangan teknologi masa kini.
-
-
Telaah Hadis tentang Berpikir Kritis
-
Membaca dan memahami teks hadis.
-
Diskusi contoh sikap berpikir kritis di era digital.
-
-
Refleksi & Penguatan
-
Menegaskan pentingnya menguasai iptek dan berpikir kritis sesuai tuntunan Islam.
-
Penutup (10 menit)
-
Menyimpulkan pembelajaran bersama.
-
Tugas: Menulis esai 150 kata tentang penerapan cinta iptek dan berpikir kritis di sekolah.
-
Doa penutup.
D. Penilaian
-
Sikap: Keaktifan, kerja sama, dan rasa ingin tahu.
-
Pengetahuan: Pemahaman makna ayat dan hadis.
-
Keterampilan: Kemampuan menjelaskan dan memberi contoh nyata.
Instrumen Penilaian: Observasi, tanya jawab, tugas tertulis.