G
N
I
D
A
O
L

Materi tentang Berfikir kritis

JURNAL PEMBELAJARAN

Hari/Tanggal: Selasa, 29 Juli 2025

Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Fase/Kelas: Fase E (Kelas X)

Topik: Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Deep Learning

Waktu: 2 JP (Jam Pelajaran)

 

1. Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu menunjukkan sikap berpikir kritis dalam menganalisis permasalahan ekonomi di lingkungan sekitar.

 

Siswa mampu menerapkan pendekatan deep learning untuk memahami konsep kebutuhan, kelangkaan, dan pilihan ekonomi secara mendalam.

 

2. Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan:

 

Guru memulai pembelajaran dengan pertanyaan pemantik: “Mengapa masyarakat tetap kekurangan barang, padahal produksi terus dilakukan setiap hari?”

 

Ice breaking dan membangun mindset berpikir kritis.

 

Inti:

 

Siswa mengamati studi kasus berupa fenomena kelangkaan BBM di daerah tertentu.

 

Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi masalah, mencari penyebab, dan menghubungkan dengan konsep dasar ekonomi.

 

Siswa bekerja dalam kelompok untuk merancang solusi atau alternatif pilihan ekonomi.

 

Guru menerapkan teknik deep learning seperti problem-based learning dan refleksi mendalam, agar siswa tidak hanya tahu apa yang terjadi, tetapi mengapa dan bagaimana menanggapi masalah tersebut secara rasional.

 

Penutup:

 

Siswa melakukan refleksi tertulis singkat: “Apa yang saya pelajari hari ini, dan mengapa itu penting?”

 

Guru menyimpulkan pelajaran dan memberikan penguatan konsep berpikir kritis dalam konteks ekonomi sehari-hari.

 

3. Refleksi Guru

Hari ini siswa terlihat lebih aktif dan kritis saat berdiskusi. Meskipun ada beberapa yang masih ragu mengemukakan pendapat, sebagian besar mulai menunjukkan kemampuan berpikir kritis melalui argumen dan analisis mereka.

Metode deep learning melalui studi kasus terbukti efektif membuat siswa berpikir lebih dalam dan tidak sekadar menghafal. Perlu pembiasaan lanjutan agar semua siswa terbiasa mengaitkan teori ekonomi dengan kondisi nyata.

 

4. Tindak Lanjut

Minggu depan, siswa akan diminta membawa isu ekonomi lokal untuk dianalisis menggunakan pendekatan berpikir kritis.

 

Guru akan memperbanyak latihan diskusi kelompok dan presentasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *