JURNAL MENGAJAR HARIAN
Hari, Tanggal: Rabu, 25 September 2025
Mata Pelajaran: Biologi
Kelas: XII Paket A
Siswa Tidak Hadir:
-
Ilham (sakit)
-
Bagas (sakit)
-
M. To’ib (izin)
Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran Inquiry dengan metode diskusi, tanya jawab, presentasi, dan analisis, peserta didik diharapkan mampu:
-
Menjelaskan tahapan respirasi aerob dan mekanisme yang terjadi, meliputi:
-
Reaksi glikolisis
-
Dekarboksilasi oksidatif
-
Siklus Krebs
-
Transpor elektron
-
-
Menjelaskan hasil dari respirasi aerob
-
Mengembangkan sikap:
-
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut
-
Mensyukuri karunia Tuhan
-
Jujur, peduli, dan bertanggung jawab
-
-
Mengembangkan kemampuan 4C:
-
Critical Thinking (berpikir kritis)
-
Communication (berkomunikasi)
-
Collaboration (berkolaborasi)
-
Creativity (berkreasi)
-
Kegiatan Pembelajaran
Pembelajaran dilakukan melalui diskusi kelompok.
-
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil.
-
Setiap kelompok membahas salah satu tahapan respirasi aerob dan mempresentasikan hasilnya.
-
Sesi dilanjutkan dengan tanya jawab dan penekanan pada hubungan konsep dengan kehidupan nyata.
Respons/Partisipasi Siswa
Siswa menunjukkan antusiasme dalam berdiskusi. Sebagian besar terlibat aktif dalam menyampaikan pendapat, bertanya, dan merespons jawaban dari kelompok lain.
Refleksi Pembelajaran Guru
Diskusi berjalan cukup efektif, namun masih terdapat siswa yang perlu lebih percaya diri menyampaikan pendapat.
Siswa diharapkan lebih aktif lagi dalam diskusi, tidak hanya dalam kelompok tetapi juga dalam forum kelas.
Tindak Lanjut
Guru akan:
-
Terus memfasilitasi proses diskusi, khususnya dalam mengerjakan Lembar Kegiatan Diskusi Peserta (LKDP).
-
Memberikan penguatan konsep melalui pengayaan atau remedial jika diperlukan.
-
Mendorong pengembangan soft skill siswa melalui kegiatan presentasi dan kolaborasi.
Jika Anda ingin jurnal ini dalam format tabel atau ingin menggabungkan beberapa jurnal ke dalam satu dokumen mingguan atau bulanan, saya bisa bantu juga.