G
N
I
D
A
O
L

Pembelajaran tentang Siklus Hidup Virus dan Peranannya

JURNAL MENGAJAR HARIAN

  • Hari, Tanggal: Senin, 24 September 2025

  • Mata Pelajaran: Biologi

  • Kelas: X A

  • Siswa yang Tidak Hadir:

    • Efendi (izin)

    • Faisal (sakit)

    • Wekip (alfa)


Tujuan Pembelajaran

Melalui studi kasus pandemi dan analisis infografis, peserta didik diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan siklus hidup virus (litik dan lisogenik) dengan benar (minimal 2 tahapan utama), serta menyadari bahayanya.

  2. Membedakan siklus hidup virus litik dan lisogenik dengan benar.


Kegiatan Pembelajaran

  • Pembelajaran dimulai dengan pengantar tentang pandemi dan dampak virus dalam kehidupan.

  • Siswa menonton video animasi yang menggambarkan siklus hidup virus secara menarik dan interaktif.

  • Dilanjutkan dengan diskusi kelas mengenai perbedaan siklus litik dan lisogenik.

  • Siswa mengerjakan LKPD berbasis studi kasus dan analisis infografis.


Respons/Partisipasi Siswa

Siswa sangat antusias dan termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, terutama saat menyaksikan video animasi dan mengerjakan LKPD. Diskusi berjalan aktif, dan siswa menunjukkan pemahaman yang baik terhadap materi.


Refleksi Pembelajaran Guru

Pembelajaran menjadi lebih menarik dan hidup berkat penggunaan media visual berupa video animasi. Hal ini sangat membantu siswa dalam memahami konsep abstrak seperti siklus hidup virus.


Tindak Lanjut

Guru akan lebih semangat dan kreatif dalam menyusun pembelajaran berikutnya, khususnya dengan memanfaatkan media digital dan pendekatan kontekstual agar siswa lebih terlibat secara aktif.

link youtobe: https://youtu.be/LcStxo37XY0?si=I_e64VbwcnLP5Qi8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *