urnal Harian Mengajar Guru
Hari/Tanggal : Kamis, 18 September 2025
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila
Kelas : XI A
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu memahami nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan global serta mengaitkannya dengan praktik di kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Pembelajaran :
-
Pendahuluan
-
Guru membuka pelajaran dengan salam, doa, dan absensi.
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran serta pentingnya memahami nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi era globalisasi.
-
-
Kegiatan Inti
-
Ceramah: Guru menjelaskan materi mengenai nilai-nilai Pancasila dan relevansinya dalam kehidupan global.
-
Diskusi Kelompok: Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membahas contoh penerapan nilai Pancasila dalam konteks global (misalnya toleransi, kerja sama internasional, perdamaian dunia).
-
Tanya Jawab: Guru memandu tanya jawab untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap materi yang telah dibahas.
-
-
Penutup
-
Siswa menyimpulkan hasil diskusi bersama.
-
Guru memberikan penguatan serta pesan moral untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
-
Doa dan salam penutup.
-
Tindak Lanjut :
Diharapkan siswa dapat menginternalisasi dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah, keluarga, maupun masyarakat.
Refleksi Guru :
Pembelajaran berjalan dengan baik, meskipun sebagian siswa masih perlu diberi dorongan untuk lebih aktif dalam diskusi. Perlu strategi variasi metode untuk meningkatkan partisipasi siswa pada pertemuan berikutnya.