G
N
I
D
A
O
L

Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Topik Descriptive Text: Great Athletes di Kelas X

Pada hari Kamis, 13 Agustus 2025, saya berkesempatan melakukan observasi pembelajaran Bahasa Inggris di kelas X A yang diampu oleh bu Frestie Dwi Octaviani, S.Pd., Gr. Materi yang diangkat adalah Describing People dengan fokus pada tokoh atlet terkenal (Great Athletes), menggunakan model Inquiry Based Learning sesuai rancangan dalam modul ajar.

Suasana Kelas dan Pendekatan Guru

Sejak awal pembelajaran, bu Frestie membangun suasana kondusif dengan doa, salam, dan apresiasi terhadap prestasi siswa. Materi diawali dengan apersepsi melalui media proyektor, menampilkan gambar atlet untuk memancing pengetahuan awal siswa. Guru memanggil siswa dengan namanya, memberi penghargaan pada yang berani menjawab, serta memfasilitasi kuis interaktif menggunakan Quizizz.

Pendekatan yang digunakan menonjolkan empati dan perhatian terhadap kebutuhan belajar siswa. Guru memberi pujian pada usaha siswa, bukan hanya hasil akhir, serta aktif berkeliling saat kerja kelompok untuk memberikan arahan dan penguatan.

Kesesuaian dengan Modul Ajar

Modul ajar yang disusun bu Frestie menargetkan kemampuan siswa dalam:

  1. Mengidentifikasi kosakata dan ungkapan untuk mendeskripsikan orang, khususnya atlet terkenal.
  2. Menggali informasi melalui kegiatan inquiry.
  3. Menyusun deskripsi lisan dan tulisan secara runtut.
  4. Menunjukkan sikap menghargai usaha teman.

Selama observasi, seluruh indikator ini terlihat jelas dalam praktik pembelajaran. Guru mampu mengaitkan materi dengan kehidupan nyata, memberi pertanyaan pemantik yang mendorong berpikir kritis, serta memandu siswa mengorganisasi data menjadi paragraf deskriptif.

Aktivitas Pembelajaran

Langkah-langkah pembelajaran mengacu pada tahapan Inquiry Based Learning:

  • Orientasi & Stimulasi: Penyampaian topik dan kosakata kunci.
  • Perumusan Masalah: Siswa membuat pertanyaan relevan tentang atlet.
  • Pengumpulan Data: Pencarian informasi dari teks atau sumber online.
  • Pengolahan Data: Penyusunan deskripsi secara berkelompok.
  • Verifikasi: Presentasi hasil dan pemberian apresiasi.
  • Tindak Lanjut: Pemberian tugas menulis deskripsi atlet favorit di rumah.

Kekuatan dan Rekomendasi

Kekuatan pembelajaran bu Frestie terletak pada konsistensi dalam menunjukkan empati, penggunaan media interaktif, dan pengelolaan kelas yang membuat siswa aktif dan nyaman.
Namun, untuk semakin menghidupkan suasana awal pembelajaran, disarankan guru menambahkan sesi motivasi dengan menanyakan kabar siswa atau mengaitkan topik dengan minat mereka, khususnya di bidang olahraga. Selain itu, pada diskusi kelompok, setiap anggota dapat lebih difasilitasi agar partisipasi merata.

Kesimpulan

Pembelajaran yang dilaksanakan bu Frestie berhasil menghadirkan proses belajar yang aktif, bermakna, dan menyenangkan. Dengan sedikit penguatan pada aspek motivasi awal dan pemerataan keterlibatan siswa, proses pembelajaran ini berpotensi menjadi pengalaman belajar yang semakin inspiratif dan memotivasi siswa untuk mengembangkan keterampilan bahasa Inggris mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *