G
N
I
D
A
O
L

Pembelajaran Kimia Kelas X A

JURNAL MENGAJAR HARIAN GURU

  • Hari, Tanggal: Kamis, 26 September 2025

  • Mata Pelajaran: Kimia

  • Kelas: X A

  • Jumlah Siswa Tidak Hadir: 3 siswa

    • Efendi (izin)

    • Moh. Andika (alfa)

    • Faisal (alfa)


Tujuan Pembelajaran

Melalui latihan soal dan diskusi, peserta didik dapat menentukan jumlah proton, neutron, dan elektron suatu atom berdasarkan nomor atom dan nomor massa dengan akurat. (Aspek Keterampilan dan Penalaran Kritis)


Kegiatan Pembelajaran

  • Guru membuka pelajaran dengan review singkat materi sebelumnya.

  • Siswa dibagi menjadi kelompok kecil untuk berdiskusi dan mengerjakan latihan soal terkait struktur atom (proton, neutron, dan elektron).

  • Diskusi kelompok dilakukan secara aktif, dilanjutkan dengan presentasi hasil diskusi oleh beberapa kelompok secara sukarela.

  • Guru memberikan umpan balik dan penjelasan tambahan untuk meluruskan pemahaman.

  • Sesi ditutup dengan kesimpulan bersama dan refleksi singkat oleh guru.


Respons / Partisipasi Siswa

Siswa menunjukkan antusiasme tinggi dalam kegiatan diskusi dan aktif menjawab pertanyaan yang diajukan, baik oleh guru maupun oleh teman kelompoknya. Sebagian besar siswa mampu mengemukakan pendapat dan bekerja sama dalam menyelesaikan latihan soal.


Refleksi Pembelajaran Guru

Saya melihat bahwa siswa lebih aktif dalam diskusi dibandingkan pertemuan sebelumnya. Kegiatan berbasis kelompok membuat mereka lebih percaya diri untuk menyampaikan pendapat dan bertanya. Keterlibatan siswa meningkat saat diberikan tantangan berupa soal-soal kontekstual.


Tindak Lanjut

Saya akan terus memfasilitasi proses diskusi dalam pembelajaran, serta memberikan pendampingan yang lebih intens saat siswa mengerjakan latihan soal, terutama untuk siswa yang masih tampak pasif atau kesulitan memahami materi.

Link Soal:soal kimia x (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *