G
N
I
D
A
O
L

Analisa Ragam Kerajinan Nusantara

Tema: Analisa Ragam Kerajinan Nusantara

Kelas: kelas XI

Tanggal: 19 Agustus 2025

🧠 Tujuan Pembelajaran

  • Mengidentifikasi berbagai jenis kerajinan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.
  • Menganalisis bahan, teknik, fungsi, dan nilai estetika dari kerajinan Nusantara.
  • Menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya lokal dan kreativitas dalam berkarya.

🔍 Aktivitas Pembelajaran

1. Observasi dan Pengumpulan Informasi Siswa mengamati berbagai jenis kerajinan Nusantara melalui:

  • Buku referensi dan modul prakarya
  • Video dokumenter dan media digital
  • Wawancara dengan pengrajin lokal (jika memungkinkan)

2. Analisis Kerajinan Siswa memilih 3 jenis kerajinan dari daerah berbeda dan menganalisis aspek berikut:

Jenis Kerajinan Asal Daerah Bahan Utama Teknik Pembuatan Fungsi Nilai Estetika
Batik Yogyakarta Kain, malam Canting, cap Busana Motif simbolik
Tenun Ikat NTT Benang Tenun manual Kain adat Warna khas daerah
Anyaman Bambu Jawa Barat Bambu Anyaman tangan Perabot Pola geometris

3. Diskusi dan Refleksi Siswa berdiskusi dalam kelompok tentang:

  • Keunikan masing-masing kerajinan
  • Tantangan dalam pelestarian kerajinan tradisional
  • Potensi kerajinan sebagai produk ekonomi kreatif

✍️ Hasil Refleksi Pribadi

“Saya jadi lebih menghargai kekayaan budaya Indonesia. Ternyata setiap kerajinan punya cerita dan filosofi yang mendalam. Saya tertarik untuk mencoba membuat kerajinan sederhana dari bahan alam di sekitar rumah.”

📌 Kesimpulan

Kerajinan Nusantara mencerminkan identitas budaya yang beragam dan kaya. Melalui analisa ini, siswa dapat memahami pentingnya melestarikan warisan budaya sekaligus mengembangkan kreativitas dalam berkarya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *