JURNAL MENGAJAR HARIAN
Hari, Tanggal: Senin, 11 Agustus 2025
Mata Pelajaran: Kimia
Kelas: XII Paket A
Siswa yang Tidak Hadir:
- Bagas (sakit)
Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik dapat melakukan penyetaraan reaksi kimia dengan benar.
Kegiatan Pembelajaran:
- Diskusi kelas mengenai konsep dasar penyetaraan reaksi kimia.
- Sesi tanya jawab untuk mendalami pemahaman siswa terhadap jenis-jenis reaksi.
- Pemberian beberapa soal penyetaraan reaksi untuk dikerjakan bersama.
Respons atau Partisipasi Siswa:
Siswa terlihat antusias dan merasa tertantang dalam menyelesaikan soal yang diberikan, terutama saat diskusi berlangsung.
Refleksi Pembelajaran Guru:
Saya perlu menyusun soal-soal yang lebih bervariasi dan menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) agar siswa lebih terasah kemampuan analisis dan sintesisnya.
Tindak Lanjut:
Merancang dan menyusun soal-soal HOTS terkait penyetaraan reaksi kimia untuk digunakan pada pertemuan berikutnya atau sebagai tugas mandiri.