JURNAL PEMBELAJARAN
Hari/Tanggal: Selasa, 29 Juli 2025
Mata Pelajaran: Ekonomi
Kelas/Fase: X / Fase E
Model Pembelajaran: Deep Learning
Materi Pokok: Cabang-Cabang Ilmu Ekonomi
Sub Materi:
-
Ekonomi Pembangunan
-
Ekonomi Moneter
-
Ekonomi Internasional
-
Ekonomi Pertanian
-
Ekonomi Koperasi
-
Ekonomi Manajemen dan Perusahaan
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
-
Menganalisis berbagai cabang ilmu ekonomi dan peranannya dalam kehidupan nyata.
-
Mengaitkan konsep ekonomi pembangunan, moneter, internasional, pertanian, koperasi, dan manajemen/perusahaan dengan isu-isu ekonomi terkini.
-
Menerapkan prinsip berpikir kritis dan reflektif dalam memahami dampak dari masing-masing cabang ekonomi terhadap masyarakat dan negara.
Langkah Pembelajaran Deep Learning
1. Tahap Connecting
Peserta didik diajak untuk menghubungkan pengetahuan awal mereka tentang ekonomi secara umum dengan kehidupan sehari-hari.
Kegiatan:
-
Diskusi: Apa saja cabang-cabang ekonomi yang pernah mereka dengar?
-
Pertanyaan pancingan: “Mengapa ada bidang ekonomi yang khusus membahas uang? atau pertanian? atau koperasi?”
2. Tahap Experiencing
Peserta didik mengeksplorasi informasi baru dari guru dan sumber belajar lain melalui:
-
Presentasi guru tentang keenam cabang ekonomi.
-
Menonton video pendek atau membaca artikel aktual (contoh: krisis moneter, perkembangan ekonomi digital, pertumbuhan koperasi di desa).
-
Kerja kelompok untuk mencari contoh konkret penerapan masing-masing cabang ekonomi di Indonesia.
3. Tahap Integrating
Peserta didik mengintegrasikan informasi yang mereka pelajari untuk membentuk pemahaman yang utuh.
Kegiatan:
-
Mengisi diagram Venn untuk membandingkan fungsi Ekonomi Moneter dan Ekonomi Internasional.
-
Membuat mind map hubungan antar cabang ekonomi dan dampaknya bagi pembangunan negara.
4. Tahap Organizing
Peserta didik menyusun hasil pembelajaran mereka dalam bentuk laporan, ringkasan, atau presentasi.
Kegiatan:
-
Menyusun laporan kelompok tentang satu cabang ekonomi yang dipilih.
-
Presentasi hasil analisis dalam bentuk infografis atau peta konsep.
5. Tahap Extending
Peserta didik merefleksikan dan mengaitkan pembelajaran dengan konteks yang lebih luas.
Kegiatan:
-
Refleksi tertulis: “Cabang ekonomi mana yang paling penting untuk pembangunan Indonesia saat ini dan mengapa?”
-
Diskusi terbuka tentang peran siswa sebagai generasi muda dalam pembangunan ekonomi bangsa.
Hasil yang Dicapai
-
Siswa aktif dalam diskusi dan kolaborasi kelompok.
-
Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan masing-masing cabang ekonomi beserta contohnya.
-
Mengembangkan sikap kritis terhadap isu-isu ekonomi yang berkembang.
Catatan Refleksi Guru
Pembelajaran berjalan interaktif dan bermakna. Siswa menunjukkan rasa ingin tahu tinggi. Pendekatan deep learning efektif mendorong mereka untuk berpikir kritis dan melihat keterkaitan antar konsep. Disarankan untuk melanjutkan dengan studi kasus atau proyek ekonomi lokal agar pembelajaran makin kontekstual.